Kriteria Penilaian PAI

 

Kriteria Penilaian dalam pembelajaran adalah sesuatu yang penting untuk memberikan baik buruknya standardisasi penilaian murid-murid yang meliputi banyak hal. Karena dalam pembelajaran dikelas maupun diluar kelas akan menjadi nilai tambah yang tidak dikira oleh murid-murid. 
Dan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam disini akan memberikan penilaian yang meliputi ilmu pengetahuan yang mencakup beberapa great nilai, murid akan mendapatkan nilai A apabila penguasaan topik yang diujikan oleh guru pengujinya. Mendapatkan nilai B ketika murid kurang menguasai topik yang diujikan. Mendapatkan C apabila murid belum menguasai topik yang diujikan dan mendapatkan nilai D apabila murid tidak sesuai dengan topik yang diujikan.
Yang kedua adalah keterampilan, yaitu dengan mempraktikkan teori yang sudah disebutkan oleh murid-murid. Dan murid akan mendapatkan nilai A apabila murid-murid bisa mendemonstrasikan sesuai dengan ilmu pengetahuan yang telah dijelaskan. Mendapatkan nilai B apabila murid-murid kurang sesuai dengan teori yang didemonstrasikan. Mendapatkan nilai C apabila murid-murid mendemonstrasikan belum sesuai dengan teori yang telah dijelaskan. Dan mendapatkan nilai D apabila mendemonstrasikan tidak sesuai dengan teori yang telah dijelaskan. 
Dan yang ketiga sikap, yaitu mengenai kesungguhan dalam mempraktikkan dan adab sehari-hari dalam pembelajaran. Murid-murid akan mendapatkan nilai A apabila tercatat baik dan sungguh-sungguh khidmat dalam mempraktikkan. Mendapatkan nilai B apabila kurang dari adab dan khusu' nya.  Mendapatkan nilai C apabila belum bisa khusu' dan masih terlihat bermain. Dan alam mendapatkan nilai D apabila tidak khusu' sama sekali dan adabnya tidak dalam sehari-hari. 
Masih perlu belajar dari pembuatan kriteria yang dibuat tersebut. Karena kedepannya akan memberikan penjelasan kepada murid-murid dan pastinya penilaian akan lebih variatif dan jelas bisa dimengerti oleh murid-murid. Untuk menjadikan murid-murid lebih pandai dan mempunyai karakter yang terdidik. 

Komentar

  1. Kriteria "telah, kurang dan belum" sebaiknya diperjelas dg psikometri🙇‍♀️

    BalasHapus
  2. Oh iya betul dengan adanya standarisasi dan kriteria yang detail siswa dapat menentukan apa yang harus dilakukan dan dapat pula mengira nilainya

    BalasHapus
  3. Nilai sikap di ambil dari sikap mereka sehari hari

    BalasHapus
  4. Bagaimana dengan pemahaman yang berbeda pak? Bacaan yg sedikit berbeda apakah mempengaruhi?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alhamdulillah Segala Puji Bagi Allah

6 Cara Agar Kita Menjadi Pintar